| | Posted in News
 TEXT SIZE :  

 

 

BONANSA FM – Kediri, Selama memberi pendampingan terkait kasus kasus kekerasan pada anak, Anis Eva Permatasari dari LPA (Lembaga Perlindungan Anak) Kota Kediri mengaku, pelaku kekerasan pada anak kebanyakan adalah orang-orang dekat yang luput dari kecurigaan melakukan hal tersebut, seperti paman, saudara, teman, bahkan ayah kandung sendiri. Fakta ini cukup ironis dan menyedihkan, seperti pada kasus yang pernah dia tangani dimana korban sampai hendak melakukan upaya bunuh diri karena kekerasan seksual yang dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri sejak dia kelas 1 SMP dan baru terungkap saat dia duduk di bangku SMP kelas 3.

 

Anis menambahkan, kenapa baru terungkap 2 tahun kemudian karena anak tidak punya keberanian melaporkan kepada sang ibu, karena takut dianggap bohong dan ibunya juga sering memukul.

 

Tak hanya menanggung derita akibat kekerasan seksual tapi anak juga menanggung beban psikologis yang cukup berat karena tidak ada orang yang dianggapnya bisa untuk bersandar, sehingga berujung keinginan mengakhiri hidupnya. Mengambil hikmah dari berbagai kasus kekerasan yang ditangani, menurut Anis upaya pencegahan terbaik memang kembali kepada ketahanan keluarga, dan dialog serta komunikasi yang baik antar anggota keluarga. (YS)

 
 
Tinggalkan Pesan
 
 
 

 
 
 

 

 

 

Partners