| | Posted in News
 TEXT SIZE :  

 

 

BONANSA FM – Kediri, Sampai akhir Agustus 2016, LPA (Lembaga Perlindungan Anak) Kota Kediri mencatat ada 13 kasus kekerasan seksual dan 11 kasus kekerasan fisik pada anak di Kota Kediri. Untuk kasus kekerasan seksual meliputi penccabulan dan ada yang sampai persetubuha, di mana ada diantaranya yang pelakunya juga masih tergolong usia anak. Hal ini disampaikan Anis Eva Permatasari dari Divisi Layanan Anak LPA (Lembaga Perlindungan Anak) Kota Kediri.

 

Anis menambahkan lonjakan kasus terjadi pada bulan Juli dan Agustus di mana ada 8 kasus baru 6 kasus kekerasan seksual dan 2 kasus kekerasan fisik dengan jumlah korban 14 anak. Data ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun 2015 yang mencatat 9 kasus. Masih menurut Anis, meningkatnya jumlah kasus yang ada dipengaruhi beberapa factor, salah satunya kesadaran masyarakat yang meningkat untuk melaporkan kasus-kasus kekerasan pada anak yang terjadi di lingkungan sekitar mereka. Ini karena gencarnya sosialisasi yang dilakukan untuk mendorong masyarakat melaporkan kasus-kasus kekerasan pada anak, dan juga sudah mulai dibentuknya Satgas perlindungan anak sampai tingkat kelurahan.

Menurut UU Perlindungan Anak No 35 tahun 2014, kekerasan pada anak meliputi kekerasan seksual, kekerasan fisik, kekerasan psikologis dan kekerasan ekonomi seperti penelantaran pada anak. Berdasar data yang ada, kebanyakan kasus yang dilaporkan menyangkut kekerasan fisik dan kekerasan seksual. (YS)

 

 
 
Tinggalkan Pesan
 
 
 

 
 
 

 

 

 

Partners