| | Posted in News
 TEXT SIZE :  

 

 

BONANSA FM – Kediri, Dinas Pertanian Kota Kediri sudah mengagendakan pelatihan penyembelih hewan ternak, khususnya hewan kurban. Sasaran pelatihan utamanya adalah para takmir masjid yang akan mendapatkan materi perihal tata cara penyembelihan hewan yang baik dan benar.

 

Pelatihan itu sekaligus sebagai prasyarat mendapatkan sertifikat penyembelih hewan kurban dari pemerintah Kota Kediri. Para penyembelih hewan kurban itu juga akan mendapatkan pendidikan dasar tentang kesehatan hewan atau medis veteriner. Pengetahuan ini bertujuan untuk memastikan hewan yang disembelih bebas penyakit sehingga tidak sampai merugikan orang yang mengonsumsi dagingnya.

 

Kepala Dinas Pertanian Kota Kediri Semeru Singgih menuturkan, dengan adanya pengetahuan itu, diharapkan para takmir semakin mantap saat menyembelih hewan kurban. Selain itu, juga dapat menghilangkan keraguan perihal kehalalan daging hasil penyembelihannya. Ini karena penyembelihnya telah mengantongi sertifikat dengan pelatihan yang menggabungkan pengetahuan medis dan pengetahuan agama.

 

Semeru menambahkan, pelatihan itu dijelaskan pula tentang kelayakan hewan kurban. Ini karena tidak semua hewan dapat dikurbankan. Kelayakan yang menjadi patokan adalah sebagaimana menurut tuntunan agama, seperti tentang usia hewan yang harus lebih dari setahun, tidak cacat, serta tampilan fisiknya yang bagus. Pada materi tata cara penyembelihan, para takmir menyembelih hewan melalui sebuah praktik lapangan. (HM)

 
 
Tinggalkan Pesan
 
 
 

 
 
 

 

 

 

Partners