| | Posted in News
 TEXT SIZE :  

 

 

BONANSA FM – Kediri, Jumlah penghuni penjara atau lembaga pemasyarakatan Kota Kediri semakin hari semakin berjubel. Sebab jumlah narapidana dan tahanan terus bertambah sedangkan lokasinya sempit. Kondisi ini membuat jumlah penghuni lapas jauh dari angka ideal. Dalam satu kamar berukuran cukup besar seharusnya dihuni 15 orang saja, tetapi kini mencapai 30 orang lebih.

Kondisi ini, jika dibiarkan akan berdampak buruk baik dari sisi kesehatan maupun dampak sosial lainnya. Kepala Lapas Kelas 2A Kota Kediri Hadian Eko Hidayat mengatakan, selain tahanan juga ada titipan narapidana dari kejaksaan. Menurutnya kapasitas Lapas Klas 2A Kediri adalah 260 orang tetapi jumlah penghuninya tercatat 689 atau hampri tiga kali lipatnya.

Kata hadian, hal ini juga harus menjadi perhatian pemerintah daerah, dengan cara melakukan pemugaran maupun membuat lapas baru. Selama ini lapas berada di Kota, bisa dimungkinkan nanti membuat baru di Kabupaten Kediri.

Hadian Eko mengakui kondisi overloadnya Lapas sangat berpengaruh terhadap kesehatan warga binaan. Tetapi mau bagaimana lagi karena kenyatannya angka kriminalitas masih tinggi sehingga Lapas selalu penuh. (HM)

 
 
Tinggalkan Pesan
 
 
 

 
 
 

 

 

 

Partners