| Posted in Announcer
 TEXT SIZE :  

 

Bagi saya radio sudah merupakan bagian hidup yang tidak terpisahkan dari kehidupan keseharian, ibarat sudah merasuki aliran darah dan memberi nutrisi ke setiap sel dalam tubuh. Tak terasa sudah hampir 2 dekade saya berkecimpung di dunia radio, sejak masih era kaset yang diputar sampai era komputer yang tinggal klik, sejak era mesin ketik sampai era internet yang memberi kemudahan untuk akses segala jenis berita dan informasi, nyatanya saya masih betah di dunia radio. Banyak pekerjaan lain yang pernah saya singgahi, di bidang perbankan, pendidikan, marketing bahkan dunia asuransi. Tapi nyatanya saya tidak bisa meninggalkan dunia radio. Sebagai penyiar, radio bagi saya adalah media berekspresi, menunjukkan potensi diri dan membentuk “air personality”. Juga sebagai ajang silaturahmi, mengembangkan jalinan persahabatan dan kebersamaan dengan pendengar, meski terkadang belum pernah bertatap pandang. Memang itulah keunikan sekaligus kelebihan media radio, sebagai “Theatre of Mind” radio membentuk imajinasi tersendiri dari setiap suara yang keluar lewat udara.
Jadi saya sudah “Old Fashioned”, out of date alias kadaluwarsa yaa, apa tidak takut bersaing dengan penyiar2 baru yang lebih charming, stylist dan fresh graduate? Ya tergantung dari acara dan segmen yang dibidik dong! Buktinya dengan 4 anak yang beranjak besar saya masih eksis dan banyak penggemar ha ha..
Sejak awal waktu acara salam salaman di radio ngetrend (semacam pilpen-pilihan pendengar yang penyiarnya baca kupon perlembar 100 rupiah hehe), karena belum ada telpon interaktif apalagi SMS, saya gak suka acara semacam itu. Bagi saya sebagai media elektronik lokal radio harusnya lebih berdaya dan bermanfaat dari sekedar kirim salam, pake nama samaran yang kadang kadang konyol. Radio adalah media informasi, edukasi dan hiburan yang mudah diakses, murah dan bisa didengar sambil tetap beraktivitas.
Sifatnya yang lokal-auditif menjadikan radio sebagai media yang luar biasa untuk pemberdayaan masyarakat lokal jika difungsikan dengan baik.
Itulah pandangan saya tentang dunia radio, meski sudah punya banyak saingan seiring perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang makin canggih, radio tetap memiliki daya tarik dan kekhasan tersendiri.
The next, let me introduce myself. My name is Yulfa Savitri, as a Program Manager in Bonansa FM Radio. I joined with Bonansa in 2005 but I had long experience at the other radios. Beside as announcer I am also interested in news field. I have experience as a reporter and freelance writer. I like making “feature”, because It is about human interest and not to be limited by time. It is flexible and there are many things around us that can inspire me to make feature. I am married woman with 4 children and still one husband hehe.. I handle some regular programs, they are Teras Bonansa (Teman Beraktivitas) at 9-11 am, Albumin (Album Minggu) every Sunday at 9 am to 1 pm and Bonansa English Show every Tuesday Evening from 7.30 to 9 pm.
The real happinessdoesn’t depend on how happy we are but how other happy because of us!

Okay, that’s all about myself and keep tuning on Bonansa Radio 100,9 MHz.
Thank you so much!

 
 

 

 

Partners